Loyalitas Zhou Gong

on 14.24

Ji, nama panggilan Zhou Gong (adik keempat Raja Wu dari Dinasti Zhou), Zhou Gong berarti pula Adipati Zhou. Dia adalah seorang yang patuh dan setia di hadapan raja Wu, dan siap memberikan hidupnya membantu raja Zhou memerangi Dinasti Shang. Setahun setelah pengukuhan dinasti Zhou, Raja Wu (raja dinasti Zhou) mengalami sakit keras. Merasa ajalnya sudah dekat, ia memanggil Zhou Gong untuk membantu anak lelakinya yang masih muda yang bernama Song yang akan menjadi Raja selanjutnya.



Zhou Gong bekerja keras siang dan malam, ia mempekerjakan orang pandai dan berbudi luhur dengan hormat. Dia juga menjari orang berbakat ke segala penjuru negeri agar mengabdi pada kerajaan Zhou. Dia memperlakukan semua orang berbakat bahkan orang-orang biasa, sebagai tamu terhormat dan mengajak mereka berdiskusi tentang kondisi negara di samping mendengarkan pendapat mereka dengan sunguh-sungguh.

Dinasti Zhou menghadapi berbagai percobaan, di antaranya adalah penyerangan Wu Geng, anak raja terakhir Dinasti Shang yang memberontak. Menghadapi ini, Zhou Gong meminta saran kepada Tai Gong ( Lu Wang) dan Zhao Gong (Yu Shi) yang merupakan pejabat tinggi. Dia bingung karena di satu sisi, ia bukanlah seorang Raja yang bisa memutuskan segalanya, tetapi Raja dinasti ini masih terlalu muda sehingga tidak mungkin mengambil alih pemerintahan. Mendengar perkataan ini, kedua pejabat ini mendukung Zhou Gong untuk terus membantu raja dan bertindak sebagai walinya.

Dalam menghadapi pemberontakkan ini, Zhou Gong memimpin pasukan untuk melawan pemberontakkan. Dia mengeluarkan perintah kerajaan yang meminta para petugas maupun khalayak ramai untuk bangkit bersama menghancurkan pemberontakkan. Setelah tiga tahun, pemberontakkan pun berhasil dipadamkan. Dinasti Zhou menjadi semakin luas dan dapat dipersatukan.

Zhou Gong bertindak sebagai wali selama 7 tahun, setelah 7 tahun ia mengembalikan kekuasaan kepada raja. Meski begitu, Zhou Gong tetap mengabdi kepada raja sepenuh hati. Suatu hari, ia difitnah oleh orang-orang yang bermoral jahat. Zhou Gong pun mengungsi ke wilayah Chu.

Suatu hari, Raja Cheng sedang meneliti beberapa dokumen tua, ia menemukan sebuah doa yang dipanjatkan Zhou Gong ketika Raja Cheng sakit. Membaca dokumen ini, raja Cheng tersentuh dan memanggil kembali Zhou Gong. Zhou Gong pun membantu raja kembali dan berhasil membawa dinasti Zhou menjadi negara yang damai, kuat, dan jaya.

0 komentar:

Posting Komentar