Kepercayaan, Hal yang Penting

on 18.35

Pada suatu hari, 
Tzu Kung menanyakan tentang pemerintah.
Confusius berkata,”Perlu ada makanan yang cukup, senjata yang cukup, dan kepercayaan rakyat kepada pemerintahannya”
Tzu Kung berkata, “Jika kita terpaksa menyerahkan salah satu dari tiga hal diatas, mana yang harus didahulukan?”
Confusius berkata,”Serahkan senjatanya”
Tzu Kung berkata, “Jika kita tidak mempunyai pilihan selain menyerahkan yang dua tersisa itu, mana yang harus didahulukan?”
Confusius berkata,”Serahkan makanannya. Sejak dahulu, kematian tidak bisa dihindarkan, namun bila rakyat tidak mempunyai kepercayaan pada pemerintahnya, tidak ada apa-apa lagi yang bisa mereka pegang”


Inilah salah satu kata-kata bijaksana dari Confucius. Beliau mengatakan bahwa kepercayaan terhadap pemerintah sangat penting. Rakyat harus bisa mempercayai pemerintah agar negara berjalan dengan lancar. Namun percaya bukan berarti percaya apa pun yang dilakukan pemerintah itu baik. Rakyat harus tetap mengawasi pemerintah dan memberikan masukan agar pemerintah tidak menjadi suatu lembaga yang bertindak sewenang-wenang terhadap rakyatnya. Maka pemerintah pun harus berbuat atas dasar kepentingan rakyat, sehingga rakyat dapat hidup dengan tenang, bahagia, dan sejahtera. Hal ini akan menimbulkan keseimbangan dan hubungan timbal balik antara rakyat dengan pemerintah dan saya kira hal inilah membuat suatu negara maju di samping penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, atau ekonomi.

0 komentar:

Posting Komentar